Tugas Statistik

    Baiklah hari ini saya ingin berbagi kesibukan kepada para pengunjung , yaitu mengenai tugas statistik yang baru saja saya selesaikan hari ini . Materi yang dibawakan mengenai Anova , apakah Anova itu ? . Anova ( Analysis of Variance ) merupakan salah satu uji hipotesis pada statistik parametrik untuk melakukan pengujian terhadap interaksi antara 2 faktor dalam suatu percobaan dengan membandingkan rata rata lebih dari 2 sample . Hmm , itu adalah sedikit mengenai Anova yang telah saya kerjakan hari ini . Yang terlebih dulu kami ditugaskan untuk membuat soal sendiri dan mengaplikasikannya ke dalam SPSS untuk dibaca hasil datanya . Berikut adalah soal yang saya buat sebelum diaplikasikan kedalam SPSS .

      Kemudian saya memasukkan data data yang ada ke dalam SPSS . Setelah data data itu sudah dimasukkan dan values sudah diinput saya pun mulai menguji normalitas data terlebih dahulu . Uji normalitas dilakukan dengan cara : Analyze > Descriptive Statistics > Explore > Kemudian masukkan bagian dependent ke bagian dependent dan bagian Factor ke bagian Factor > Plots > Ceklis "Normality plots with test" > Continue > OK . Maka kita sudah bisa membaca apakah data kita sudah nomal atau belum . Selanjutnya , setelah selesai menguji normalitas data , kita akan menguji homogenitas data , yaitu dengan cara : Analyze > Compare Means > One-way ANOVA > Masukkan dependent ke dependent dan fakctor ke factor > Options > Ceklis Homogeneity of Variance > Continue > OK . Nah maka hasil akam muncul untuk kita baca apakah data yang sudah kita masukkan sudah Homogen atau belum . Baiklah sekiranya kurang lebih itulah tugas yang saya kerjakan pada hari ini , dan saya sangat sangaaat senang bisa mengerti dikarenakan statistik yang dikatan sebagian orang adalah pelajaran yang rumit . Jadi terimakasih dosen statistikku yang sudah memberikan penjelasan yang bisa membuat saya mengerti :)

Komentar

Postingan Populer